Tuhan sering memakai nama tanaman, buah ,atau pohon untuk menggambarkan kehidupan manusia di muka bumi ini. Misalnya, tanaman zaitun yang menjadi simbol perdamaian, buah anggur sering digambarkan sebagai hidup yang menyukakan hati .


Hosea 14 : 6
 
“Aku akan seperti embun bagi Israel, maka ia akan berbunga seperti bunga bakung dan akan menjulurkan akar-akarnya seperti Pohon hawar”
Ayat ini adalah konsep kepribadian yang sangatdikehendaki Tuhan atas anak Tuhan. Ada dua item yang terdapat dalam ayat ini, yaitu Bunga bakung(Lebih dikenal dengan bunga Lily) dan Pohon hawar( atau Pohon Cedar/Pohon Aras).

Untuk mudahnya, sebut saja kedua item tersebut Bunga lily dan Pohon aras.
Kalau anda tahu, bunga lily adalah bunga yang indah dilihat, banyak wanita maupun pria yang suka dengan bunga ini karena keindahannya. Karena keanggunannya, maka bunga lily menjadi salah satu bunga yang populer di dunia, karena dapat dipadukan dengan bunga lain tanpa mengurangi kemegahan bunga lily.


Pohon aras adalah pohon yang mempunyai akar yang sangat kuat dan kokoh. Dalam alkitab, pohon ini adalah pohon yang paling berharga dan megah yang disebutkan dalam alkitab sebagai “pohon aras di Libanon”. Bahas Ibraninya adalah “Erez”. Tinggi pohon ini bisa mnecapai 21 sampai 24 m dan memiliki dahan-dahan yang panjang yang menjulur ke samping. dahan-dahan dari satu pohon saja panjangnya bisa mencapai 33,8 m dari ujung ke ujung. Keliling batang beberapa pohon aras adalah 9 sampai 12 m. Pohon ini sangat besar dan terus tumbuh selama ratusan tahun. Tidak hanya itu, pohon aras juga memiliki bau yang harum, tidak heran jika pohon ini sangat populer. Bahkan di dalam alkitab pohon aras digunakan untuk banyak hal, seperti kayunya dipakai untuk membangun rumah Raja Daud dan Salomo (II Samuel 7:2; 1 Raja-raja 7:12), membuat kapal (Yeh 27:5) dan membuat patung ( Yes 44:14-15 ).
Kembali ke ayat Hosea 14:6, Tuhan mengatakan Ia akan menjadi embun bagi umat Israel dan menjadikan umat Israel seperti bunga lily dan pohon aras. Embun adalah benih( Firman Tuhan ), jika kita pernah merasakan embun di pagi hari , itu rasanya sangat sejuk dan Tuhanlah yang menjadi embun untuk menyejukkan umatnya. Umat Israel adalah gambaran kita sebagai anak Tuhan yang percaya.

 
Hosea 14:6 adalah type umat Tuhan yang dikenan Allah. Anak Allah harus seperti bunga lili yang indah dilihat dan kuat imannya juga harum perbuatannya seperti pohon aras. Inilah yang diinginkan Tuhan, siapakah yang memampukan kita untuk menjadi lily dan aras ? hanya satu, yakni Tuhan Yesus.


Lukas 12:27“Perhatikanlah Bunga Bakung, yang tidak memintal dan tidak menenun, namun aku berkata kepadamu : Salomo dalam segala kemegahannya pun tidak berpakaian seindah salah satu dari bunga itu”
Ini adalah perkataan Yesus sendiri, salomo adalah orang yang sangat kaya tetapi tidak tampil indah di hadapan Tuhan. Anak Tuhan harusnya tampil indah di dunia walaupun tidak memakai pakaian ataupun make up yang bagus sekalipun. Salomo yang sangat kaya sekalipun dikatakan Yesus tidak tampil indah oleh karena hidupnya tidak seperti bunga lily dan pohon aras. Jadilah anak Tuhan yang iman dan perbuatannya sesuai dengan kehendak Tuhan akan terlihat lebih indah dari orang duniawi yang paling kaya, sekalipun ia tidak punya harta tetapi ia memiliki Surga. Dan itu, harta yang tidak ada nilainya. Hidup kita akan indah jika ada embun dari Surga sehingga kita akan mengatakan ” kita lebih bahagia dan berharga dari Salomo”.

Hosea 14:7
“Ranting-rantingnya akan merambak, semaraknya akan seperti pohon zaitun dan berbau harum seperti yang di Libanon”

Anak Tuhan juga harus bertumbuh seperti pohon zaitun. Zaitun pertama kali disebut dalam Kitab Kejadian saat seekor burung merpati yang dilepaskan Nuh kembali dengan membawa sehelai daun zaitun.“( Kejadian 8:11) Menjelang waktu senja pulanglah burung Merpati itu mendapatkan Nuh, dan pada paruhnya dibawanya sehelai daun zaitun yang segar. Dari situlah diketahui Nuh, bahwa air itu telah berkurang dari atas bumi”.


Alkitab menyatakan bahwa pohon zaitun tumbuh subur di tanah Kanaan (Palestina, saat ini), baik di hutan, bebatuan, dan lereng lereng bukit, bahkan dipelihara juga di dalam kebun. Alkitab menggambarkan zaitun merupakan pohon yang selalu hijau di setiap musim, elok dipandang mata, dan menghasilkan buah yang baik. Anak Tuhan harus bertumbuh dan berbuah baik seperti pohon zaitun sehinngga mencengangkan dunia karena berkat-berkat Tuhan yang kita terima. Namun jangan indah dipandang saja tapi tidak kuat seperti aras atau sebaliknya. Jangan kita semakin kuat maka kehilangan bau harumnya.

Jangan karena sudah sukses dan kaya, maka kita meninggalkan firman Tuhan. Anak Tuhan yang ideal adalah Indah seperti lily dan kokoh seperti Aras.


Berikut nama-nama tumbuhan yang ada di Al-Kitab
:
1.                  Adas manis            (Yunani anethon; Mat 23:23), Anethum graveolens, tanaman tahunan yg bunganya berbentuk payung (umbelliferae), bijinya dan daunnya luas dipakai untuk bumbu dan tujuan obat-obatan pada zaman kuno. Tanaman ini asli Eropa; lain dari adas manis Indonesia.
2.                  Arar (Ibrani rotem),Retama raetam, semak-semak yg kadang-kadang tumbuh sampai 4 m tingginya, tumbuh melimpah di tanah kosong Palestina. Elia duduk di bawah pohon ini di padang gurun (1 Raj 19:4-5). Kayunya dapat dijadikan arang yg daya bakarnya tinggi (Mzm 120:4). Akarnya memuakkan; demikianlah barangkali maksud Ayb 30:4, yaitu benalu Cynomorium coccineum, yg sering tumbuh pada akar arar.
3.                  Badam.Sejenis pohon persik, pohon badam (Amygdalus communis) di Tanah Suci sudah berbunga pada bln Januari. Namanya dalam bh Ibrani, saqe, ‘yg berjaga’, mengingatkan bahwa inilah pohon yg berbunga sebelum pepohonan yg lain berbunga pada musim dingin. Bunganya berwarna merah muda dan kadang-kadang putih, menunjukkan kesamaan dengan orang tua yg beruban (Pkh 12:5). Keindahan bunga badam sering ditiru jadi hiasan (Kel 25: 33, 34). Selain mengeluarkan minyak, bijinya merupakan makanan yg sangat digemari di Palestina, dan merupakan hadiah paling berharga yg dikirim oleh Yakub ke Mesir (Kej 43:11), karena mungkin tidak dikenal di sana. Badam ditunjukkan dalam Kej 30:37, dan disebut dalam Yer 1:11, 12, yg dengan permainan kata (saqed dan soqed) menggambarkan janji Allah dipenuhi-Nya dengan segera.
4.                  Bakung (Ibrani syosyan, Yunani krinon).Tanaman berumbi dan berbunga, banyak jenisnya dan tumbuh berlimpah di Palestina, tapi tidak dibeda-bedakan dalam terjemahan-terjemahan. Bagian terbesar singgungan dalam Kid barangkali merujuk pada Hyacinthus orientalis yg bunganya biru, sekalipun bibir seperti bunga bakung di Kid 5:13 mungkin menyinggung Anemone coronaria yg berbunga merah. Bakung di Kid 2:1 dan Hos 14:6 barangkali Iris pseudacorus yg tumbuh di daerah basah.’Hiasan bunga bakung’ pada tiang-tiang Bait Suci bangunan Salomo dalam 1 Raj 7:19, 22, 26 dan 2 Taw 4:5 barangkali menunjuk kepada pahatan bunga bakung jenis Nymphaea caerulea. Bunga bakung Mesir atau seroja biru (Nymphaea lotus) yg indah sekali mempunyai pengaruh besar pada kesenian Asia Barat, seperti dibuktikan oleh adanya motif bunga itu pada objet d’art arkeologis Mesir dan Palestina. ‘Bunga bakung di ladang’ (Mat 6:28Luk 12:27) agaknya menunjuk kepada semua jenis bunga, termasuk bunga bakung, bunga anemon, bunga iris, narsis, hiasin dan lain-lain.   Suatu pandangan alternatif menganggapnya mengacu kepada Anthemis palaestina, tanaman yg nampak seperti bunga serunai.
5.                  Dudaim (Ibrani duda’im; Mandragora officinarum).            Tanaman ini disebut hanya dalam Kej 30:14-16Kid 7:13, suatu jenis bunga dari genus solanum tanpa tangkai yg berbunga selama beberapa tahun. Tanaman ini mengandung zat narkotik dan dapat digunakan sebagai kastroli maupun obat muntah. Akarnya yg menekuk bercabang seperti tubuh membungkuk dikaitkan dengan takhayul. Sejak dahulu tanaman ini dianggap memiliki daya rangsang birahi, dan sebab itu Rahel meminta buahnya dari Lea (Kej 30:14). Kid 7:13 menyinggung bau buah dudaim yg harum pada musim semi. Tanaman ini tumbuh luas di Palestina di daerah-daerah terpencil, pada umumnya merupakan tanaman asli daerah Laut Tengah. Tidak benar bahwa dudaim dapat disamakan dengan Cucumis dudaim.
6.                  Duri, onak, semak.Banyak perbedaan pendapat di antara pakar botanikus tentang semak duri dan onak yg disebut dalam Alkitab, karena lebih 20 perkataan dipakai bagi tumbuh-tumbuhan berduri.Umumnya duri merupakan kiasan kegagalan atau usaha yg menjengkelkan hati (Kej 3:18Bil 33:55Yos 23:13). Duri merupakan kenyataan hukuman dari Allah atas orang durhaka atau kemalangan melulu (Yeh 2:6). Jika duri dibiarkan bertumbuh tanpa kendali di kebun buah-buahan atau kebun anggur, maka pohon buah-buahan atau pohon anggur itu akan diserang dengan hebatnya dan tidak akan produktif (Ams 24:31Yes 34:13Yer 12:13). Tapi jika duri dikendalikan dan diatur menjadi pagar hidup, akan sangat berguna sebagai pelindung terhadap binatang perusak (Ams 15:19Hos 2:6).  Semak duri terkenal sebagai bahan bakar yg cepat menyala baik pada zaman PL, juga bagi orang Arab Beduin pada zaman modern ini (Mzm 58:10Yes 9:18; 10:17). Sifat dan daya rusak semak duri diungkapkan jelas sekali dalam perumpamaan Tuhan Yesus (Mat 13:7Mrk 4:7Luk 8:7) demikian juga sifatnya yg tidak menghasilkan buah (Mat 7:16).Beberapa singgungan Alkitab pada ‘duri’ menunjuk pada duri-duri Palestina yg biasa, Rubus sanctus, atau Rubus ulmifolius Schott. Mzm 58:10 dapat memaksudkan Rubus sanctus, tapi ada ahli yg menganggapnya Rhamnus Palaestina Boiss, jenis semak yg tumbuh di seluruh Palestina dan terdapat juga di Jazirah Sinai. Ams 15:19 dan Hos 2:6 mungkin memaksudkan pohon kertau (Balanites aegyptiaca) atau Lycium europaeum L; duri padang gurun (Hak 8:7) bisa sejenis Astragalus, Acacia atau Zizyphus. Singgungan dalam Yes 34:13 dan Hos 9:6 mungkin mengenai Xanthium spinosum L, sejenis rerumputan yg menghasilkan buah yg berduri-duri.
7.                  Gandum (Ibrani dagan, Yunani sitos).Tanaman yg menghasilkan biji-bijian, dikenal dari masa kuno paling dine, sangat penting sebagai bahan pangan manusia. Gandum zaman PL lazimnya ialah Triticum dicoccum, juga pada zaman Helenistis (termasuk zaman PB). Karena kualitas fisik dan zat kimiawinya, gandum merupakan bahan roti yg paling lezat, mengungguli semua biji-bijian lainnya.Gandum merupakan bagian penting dari pola makan anak-anak Israel (Hak 6:11Rut 2:232 Sam 4:6), dan masa panen gandum digunakan acuan kalender (Kej 30:141 Sam 6:13; 12:17). Karena pentingnya sebagai bahan pangan maka gandum dijadikan lambang kebajikan dan pemeliharaan Allah (Mzm 81:17; 147:14).Gandum digunakan sebagai persembahan biji-bijian di Bait Allah (Ezr 6:9; 7:22) dan merupakan bagian dari korban yg dipersembahkan Daud di tempat pengirikan Ornan (1 Taw 21:23).Sifat botanis gandum, yakni satu biji gandum menghasilkan sekian biji gandum baru sementara bijinya yg asli menjadi tiada, digunakan oleh Kristus untuk menunjukkan bahwa keberhasilan rohani bersumber pada kematian sang diri sendiri (Yoh 12:24; bnd 1 Kor 15:36 dab). Dalam arti simbolis mengenai anak-anak Allah, gandum dipertentangkan dengan sekam yg tak berharga (Mat 3:12). Sama halnya, dalam Mat 13:24-30 lalang (Lolium temulentum), dalam awal pertumbuhannya nampak persis mirip jenis rumput gandum, tapi dengan mudah dapat dibedakan pada waktu panen.    8.                  Gelang laut (Ibrani malluakh, Ayb 30:4).Istilah ini mengandung pengertian ‘asin’, apakah menunjuk kepada tanamannya sendiri atau kepada habitatnya. Biasanya disamakan dengan jenis Atriplex halimus, yg terdapat berkelimpahan di daerah pantai Laut Tengah; dikatakan bahwa di daerah Laut Mati tanaman itu tumbuh hingga paling tinggi 3 1/2 m.
9.                  Hisop.Alkitab Indonesia menyalin nama tanaman ini (Ibrani ‘ezov; Yunani hussopos) menurut hurufnya, karena belum dikenal dengan pasti. Tapi jelas nama ini dipakai untuk beberapa macam tanaman. Dalam PL hisop digunakan pada perayaan Paskah (Kel 12:22), untuk pentahiran penyakit kusta (Im 14:4, 6), dan pada pengorbanan lembu betina merah (Bil 19:2-6; bndIbr 9:19). Daya pentahiran hisop ditunjukkan dalam Mzm 51:9. Tanaman ini mungkin asli dari Siria (Origanum syriacum). Hisop dalam 1 Raj 4:33 mungkin adalah jenis pakis, atau Capparis spinosa dan pasti berbeda dari hisop yg dipakai dalam upacara-upacara Paskah (Kel 12:22). Dalam PB tanaman yg dimanfaatkan pada penyaliban mungkin adalah Sorghum vulgare (Yoh 19:29), semak seperti jagung, paling sedikit 2 m tingginya.
10.              Inggu.       Terjemahan dari peganon dalam Luk 11:42 memang benar, tapi tidak menunjuk kepada jenis inggu mana yg dimaksud. Jenis yg umum, Ruta graveolens, tumbuh hingga 1 m tingginya, memancarkan bau busuk yg kuat dari daun-daunnya yg hijau kelabu. Inggu Afrika Ruta chalepensis, juga ditanam di Palestina pada zaman Pa. Inggu dipuja karena khasiatnya sebagai obat, sebab mempunyai daya membasmi kuman dan menangkal infeksi. Kristus mengkritik Farisi karena kemunafikan mereka dengan menuntut persepuluhan atas tanaman yg begitu remeh. Tanaman ini digunakan untuk bumbu masakan.
11.              Ipuh (Ibrani la’ana, Yunani apsinthos).        Banyak jenis ipuh tumbuh di Palestina, tapi yg diacu dalam Alkitab adalah Artemisia herba-alba atau Artemisia judaica. Semua jenis mengandung zat pahit yg kuat, sehingga tumbuhan ini dijadikan lambang kepahitan, kesedihan, dan malapetaka (Rat 3:15, 19Ams 5:7; 6:12). Musa memakainya untuk menunjukkan bahaya-bahaya penyembahan berhala rahasia (Ul 29:18), juga oleh Yeremia dalam memperingatkan Israel akan hukuman yg menantikan mereka yg tidak taat (Yer 9:15; 23:15).
12.              Jarak.      Terjemahan istilah bh Ibrani qiqayon, tanaman yg Tuhan sediakan bagi Yunus untuk menaunginya (Yun 4:6), masih belum pasti. Banyak ahli menganggapnya sebagai jarak yg buahnya mengandung minyak (Ricinus communis; Yunani kroton) yg cepat layu, seperti terjadi pada tanaman yg menaungi Yunus, sekalipun hanya disentuh sedikit saja: Ahli-ahli lain, sejak LXX (Yunani kolokuntha) cenderung menganggapnya labu botol (Cucurbita lagenaria; Arab gar’ah), yg menurut botani lebih cocok, karena Alkitab menyebutnya merambat dan bukan pohon kecil seperti jarak. Acuan yg dimaksud mungkin adalah ‘pondok’ seperti gubuk tempat bernaung di kebun mentimun (lih Yes 1:8) dan juga yg dapat layu segera.
13.              Kemiri. botnim (Kej 43:11 saja) adalah buah batu pistachio (pistachia vera), bijinya hijau dan dapat dimakan. Bukan buah kemiri yg terdapat di Indonesia. Karena tidak tumbuh di Mesir, maka buah kemiri jenis ini merupakan hadiah yg sangat dihargai Yusuf. Ilmuwan Yahudi diibaratkan buah kemiri, kulitnya (kepribadiannya) mungkin saja dikotori oleh dosa, tapi Tora di dalamnya (bijinya) tetap tinggal tanpa noda. Kemampuan membedakan buah batu dari batu kerikil merupakan syarat bagi seorang anak kecil untuk menerima dan memiliki suatu pemberianmanfaat kemiri bagi kehidupan kita sendiri: menyuburkan rambut, mengatasi sariawan, mengobati sakit gigi, mengatasi diare, dll
14.              Kenari.      ‘egoz (Arab gawz), dalam Kid 6:11 saja — mungkin hunjukan pada buah batu, Juglans regia, suatu makanan yg lezat, berasal dari Iran. Buah batu ini lain dari buah kenari yg terdapat di Indonesia. manfaat kenari bagi kehidupan kita sendiri: baik untuk jantung, kulit, kehamilan, kecantikan, sumber mineral, dll.
15.              Kunyit.      Bahan ini (Ibrani karkom; LXX krokos) dibuat dari bermacam-macam jenis krokus, khususnya Crocus sativus, asli Yunani dan Asia Kecil. Putik-putik tanaman ini dikumpulkan, dikeringkan dan dibungkus menjadi kue-kue kecil. Pada zaman kuno kunyit digunakan bahan celupan dan pewarna bahan-bahan makanan. Juga terkenal sebagai obat. Orang Mesir kuno menanam jenis kunyit yg berbeda, Carthamus tinctorius yg menghasilkan bahan celup seperti kunyit, untuk mewarnai kafan mumi-mumi. Yg disebut dalam Kid 4:14 adalah kunyit yg sebenarnya.manfaat kunyit bagi kehidupan kita sendiri: sebagai bumbu masak, mencegah kaker, anemia, panas dalam, dll, menyembuhkan luka dan masih banyak lagi.
16.              Labu liar       (Ibrani paqquot), disebut dalam 2 Raj 4:39 berasal dari tanaman beracun yg tidak dijelaskan dengan tepat, tapi disepakati bahwa maksudnya ialah colocynth (Citrullus colocynthis) — tumbuhan merambat jenis labu yg tumbuh di daerah Laut Tengah. Menyerupai mentimun dalam bau dan rupanya, colocynth adalah obat pencahar, tanaman beracun yg mengganggu kesehatan, tapi merupakan obat yg berguna bila digunakan dengan cermat.
18. Lalang.a. Ibrani bo’sya,disebut dalam Ayb 31:40, waktu Ayub membela ketulusan hatinya. Barangkali yg dimaksud ialah tanaman yg batangnya keras, yaitu agrostemma githago, semacam rerumputan yg biasa terdapat di Palestina dan Siria di tengah-tengah tuaian jelai dan gandum.
b. Yunani zizania(Arab zuwan) dalam Mat 13:25 dab. TBI memakai nama ‘lalang’ (mengikuti Bode dan Terjemahan Lama), tapi ada yg lebih menyukai terjemahan ‘padi-padian’. Mungkin yg dimaksud ialah Lolium temulentum. Melihat daunnya, mirip sekali dengan daun gandum, tapi perbedaannya akan mencolok jika keduanya dibiarkan tumbuh sampai musim menuai. Pekerjaan yg membosankan, yaitu memisahkan zizania dari gandum, biasanya ditugaskan kepada perempuan dan anak-anak. Zizania digunakan untuk makanan ayam. Menabur tumbuhan ini di ladang musuh dengan tujuan balas dendam (bnd Mat 13:25 dab) termasuk kejahatan dalam hukum Romawi.
19.Mawar.       Dalam Alkitab terdapat dua acuan kepada tanaman ini, yg nampaknya menunjuk kepada ‘mawar’ yg berbeda. Karena itu para botanikus mengidentifikasikannya berbeda. Ada alasan untuk percaya bahwa pada zaman Alkitab di Palestina ada mawar sungguhan, tapi sulit untuk mengatakan tepat berapa jenis yg terdapat pada waktu itu. Paling sedikit 4 jenis mawar liar kini ada di Palestina, sedang jenis jenis yg lain tumbuh di Libanon dan Siria.Acuan kepada mawar di Yes 35:2 barangkali lebih menunjuk kepada beberapa tumbuhan yg berumbi. Hal ini dapat dikumpulkan dari adanya kata khavatselet (ubi-ubian) dalam ay itu, yg di LXX diterjemahkan krinon (bakung). Barangkali Narcissus tazetta-lah yg dimaksud. Bunga yg harum ini banyak macamnya dan tumbuh subur di lembah Saron. ‘Bunga mawar dari Saron’ yg terkenal itu (Kid 2:1) telah disamakan dengan Anemone fulgens, Colchicum autumnale, Cistus dan Narcissus tazetta. Lagi sebuah tanaman berumbilah yg dimaksud, yg paling mungkin ialah Tulipa sharonensis, sejenis bunga Tulipa montana dari Siria. ‘Bunga mawar dari Saron’ yg modem (Hibiscus syriacus), asli Cina dan bukan Palestina, sekalipun nama Latinnya menyebut Siria.
20. Murad.      Pohon murad (Myrtis communis). Dalam bh Ibrani hadas, tanaman Palestina yg terkenal, yg senantiasa hijau, kadang-kadang mencapai tinggi 10 m. Daunnya dan bunganya yg putih dan harum dipakai untuk wangi-wangian. Hunjukan-hunjukan Alkitab memakainya lambang kemurahan hati Ilahi. Yesaya menubuatkan tentang pohon murad yg akan mengganti tanaman berduri di padang gurun (Yes 41:19; 55:13). Zakharia, dalam suatu penglihatan yg melambangkan damai, melihat serumpun pohon murad (Za 1:8-11), sedang dalam Neh 8:16 orang Yahudi membawa daun-daun murad dari gunung untuk membuat pondok-pondok pada Hari Raya Pondok Daun sesuai asalinya pada thn 445 sM. Nama Hadasa (Ester) diambil dari istilah Ibraniny
21. Pacar       (Lawsonia nermis) (Kid 1:14; 4:13), semak-semak yg berasal dari India Utara. Daunnya dipipis, dijadikan perekat dan sejak zaman kuno paling dini digunakan sebagai alat kecantikan. Wanita Mesir menggunakannya untuk mencelup rambut, kuku jari dan kuku kaki, tangan dan kaki. Lelaki mewarnai janggutnya dengan pacar, dan sering juga ekor dan bulu tengkuk kuda mereka. *CANTIK, KOSMETIK. Setiap perempuan yg menghias diri seperti itu, bila menjadi tawanan orang Ibrani diharuskan meniadakan hiasan tersebut (Ul 21:11, 12). Warna jingga tua atau kuning tua agaknya mengingatkan kepada penyembahan berhala. Di Palestina semak-semak ini tumbuh liar, dan dapat mencapai tinggi 4 m. Rantingnya berduri dengan tandan bunga-bunga putih yg harum di puncaknya.
22. Rami      (Ibrani pisyteh [pisyta dlm Kel 9:31Yes 42:3], Yunani linon, Mat 12:20). Rami (linum usitatissimum) terutama digunakan untuk membuat lenan, dan merupakan serat tekstil tertua. Tinggi tanamannya bisa mencapai kr 90 cm dan bunganya berwarna biru indah. Dari kelopak-kelopaknya didapati minyak biji rami.Rami sudah dibudidayakan orang Mesir sebelum Keluaran Israel (Kel 9:31) dan sebelum penaklukan tanah Kanaan, oleh orang Kanaan, yg menjemur batang rami di sotoh rumah (Yos 2:6). Dalam hukuman-hukuman Allah pada zaman Hosea terdapat hukuman merampas kain lenan (Yos 2:9). Dalam Mat 12:20 singgungan yg satu-satunya pada rami dalam PB, dicatat bahwa rami berupa sumbu yg pudar nyalanya. Matius mengutip dari Yes 42:3
23.Rasamala(Ibrani helbena; secara etimologis tidak jelas). Semacam rempah-rempah yg berbau keras, satu dari empat bahan ukupan suci (Kel 30:34), umumnya diterima sebagai getah dari tumbuhan yg bunganya berbentuk payung (Ferula galbaniflua) — daerah asalnya adalah Persia (Iran).
24.Selasih.Dari macamnya yg banyak yg terdapat di Palestina, selasih kuda (Mentha longifolia) agaknya macam yg disebut dalam Mat 23:23 dan Luk 11:42. Minyak aslinya yg khas yg ada pada segala jenisnya, menjadikan tumbuh-tumbuhan selasih bumbu yg sangat digemari. Tapi hunjukan-hunjukan alkitabiah hanya menunjuk sifat suka pamer dan bermuka dua para Farisi, yg menuntut persepuluhan juga atas tumbuh-tumbuhan yg paling sederhana ini.  manfaat selasih bagi kehidupan kita sendiri:  khasiat menenangkan, untuk merangsang penyerapan, melancarkan sirkulasi darah, meredakan penderita kejang, sebagai penurun demam, sebagai pembersih racun dan meningkatkan daya tahan tubuh, dll.
25.Sesawi.            Ada banyak pertentangan mengenai identitas tanaman ini, yg bijinya dipakai oleh Kristus melukiskan perkembangan yg cepat dari awal yg kecil, seperti yg terjadi pada Kerajaan Sorga (Mat 13:31Mrk 4:31Luk 13:19) atau iman perseorangan (Mat 17:20Luk 17:6). Beberapa ahli berpendapat bahwa sesawi hitam (Sinapis nigra)-lah yg dimaksud, karena pada zaman PB bijinya ditanam demi minyaknya dan untuk maksud masak-memasak. Ahli-ahli lain menyamakan sesawi dalam perumpamaan Kristus dengan sesawi putih (Sinapsis alba), sejenis sesawi hitam. Sekalipun kedua macam itu dilaporkan tumbuh mencapai ketinggian kr 5 m, keduanya pada umumnya tidak lebih 1,3 m jika telah dewasa. Kedua jenis ini sesuku dengan sayuran yg dikenal di Indonesia dengan nama sesawi atau sawi-sawi.Satu tanaman yg berbeda, Salvadora persica tumbuh di dekat Laut Mati, telah dikemukakan sebagai pilihan yg lain. Semak-semak ini tumbuh mencapai 3 m lebih, tapi tidak tumbuh di Galilea, tempat Kristus mengucapkan perumpamaan-perumpamaan-Nya. Lagipula biji tanaman ini agak besar, tak sama dengan biji Sinapis, dan dalam hal-hal lain tanaman ini juga lebih tak mungkin.

26. Tebu         (Ibrani qaneh, Yes 43:24Yer 6:20). Tebu atau tebu gula (Saccaharum officinarum) sudah dikenal sejak zaman kuno sampai di Cina, India dan Arab, dan melalui Afrika Utara oleh para pedagang ke Tanah Suci.

27.       Pohon Ara
        Spesies pertama yang disebutkan namanya dalam Alkitab adalah ara (Kejadian 3:7)(Gen 3:7). Pohon ini kadang-kadang dicap sebagai pohon munafik karena buahnya berwarna hijau dan tidak mudah terdeteksi antara daun sampai hampir matang. Hanya dengan pemeriksaan dekat pada tahap awal buah dapat dideteksi. Yesus datang ke sebuah pohon ara, menginginkan buahnya, tetapi hanya menemukan daun. Dia mengutuk pohon, dan keringlah pohon itu mulai dari akar (Mark 11:12-1420)
       Suatu kali pohon ara digunakan untuk memungkinkan seseorang bisa melihat Yesus (Luke 19:4). Zakheus naik ke sebuah pohonsycamore (sejenis pohon ara) untuk melihat Yesus lewat. Hal ini tidak aneh karena pohon sycamore ini bisa mencapai tinggi lima puluh kaki.
28.       Pohon Zaitun
       Pohon penting lainnya, terutama di Israel, adalah pohon zaitun . Pohon ini menjadi simbol Alkitabiah bagi bangsa Israel (Rom 11:17). Buahnya menjadi salah satu komoditas terkemuka perdagangan Israel. Pohon ini merupakan lambang perdamaian, kemakmuran, dan kekayaan (Psalms 128). Ketika tanaman ini gagal, itu dianggap sebagai tanda murka Allah (Jeremiah. 11:16).
      Tanpa irigasi, pohon zaitun tumbuh subur di bukit-bukit Palestina. Karena lemak hewani tidak dapat disimpan untuk waktu lama, minyak zaitun menjadi satu-satunya sumber lemak untuk konsumsi dan menggoreng. Selain itu, minyak ini menjadi bahan dasar semuakosmetik dan produk pembersih. Digunakan dalam lampu tanahliat, minyak ini adalah sumber utama untuk penerangan.Zaitun merupakan salah satu tanaman yan kerap kali disebutkan dalam Alkitab. Buah, daun, serta kayu yang dihasilkan oleh pohon zaitun, memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia.
      Minyak zaitun juga digunakan dalam tabernakel untuk cahaya dan urapan oleh para imam Allah (Exod. 30: 24 ; Lev 24:2). Bahkan memainkan peran dalam kitab Kejadian. Ketika merpati kembali dengan daun zaitun di mulutnya, Nuh tahu bahwa air telah surut dari bumi.
29.       Pohon Aras
       Pohon Aras dipilih untuk Bait Allah di Yerusalem (I Raj 6:9). Ada beberapa kemungkinan alasan pohon ini yang dipilih. “Kayu tidak terserang hama serangga, ia bebas dari knot. Ia memiliki kualitas yang abadi yang luar biasa.       Hutan aras di Libanon sangat terkenal. Banyak orang melakukan perjalanan jarak jauh hanya untuk melihat pohon ini. Tumbuh dengan ketinggian 120 kaki dan girths 40 kaki, rentang hidupnya seringkali lebih dari dua ribu tahun. Pohon aras di Libanon sekarang sangat jarang; kemuliaannya telah berlalu.
        Pohon Aras ini tidak hanya digunakan untuk membangun Bait Tuhan tetapi juga rumah Salomo dan bangunan-bangunan umum lainnya di Yerusalem. Juga digunakan untuk atap kuil Diana di Efesus dan Apollo pada Utica, dan bangunan terkenal lainnya.
30.       pohon besar /Pohon Tarbantin
      Pohon berumur panjang lainnya adalah pohon Tarbantin. Pohon ini kokoh berdiri sebagai saksi untuk acara tertentu. Pada masa para leluhur, Yakub mengambil berhala palsu dari anggota rumah tangga dan dikubur di bawah sebatang pohon Tarbantin di Sikhem (kej 35:4). Di bawah pohon besar, beberapa tahun kemudian, Yosua mengambil berhala dari bangsa Israel, yang berjanji untuk melayani hanya Allah yang benar (Yos. 24:26). Apakah pohon yang sama ? Alkitab tidak memberi tahu kita, tetapi beberapa sarjana menyimpulkan bahwa hal ini mungkin benar.Ketika bangsa Israel tertindas oleh Midian, Malaikat Tuhan muncul kepada Gideon di bawah pohon Tarbantin (Tarbantin ?) (Hak. 6:11).
       Pohon ini juga saksi kejahatan. Penyembahan berhala di kebun pohon ini (Ezekiel 6:13); Absalom, anak Daud, meninggal di pohon ini (II Sam 18:9), dan Raja Saul dikuburkan di bawah pohon ini juga. (I Chron 10:12)
31.       Pohon Cendana
       Juga dikenal sebagai Grecian Juniper/ Juniper Yunani, tumbuh sampai lebih dari 60 kaki / 18 meter dengan bentuk piramida. Banyak tumbuh di Lebanon dan Gilead, digunakan di Bait Allah yang dibangun oleh Solomon/ Salomo (2 Taw  2:8) cendana  adalah kayu berbau harum yang diimpor Salomo untuk tiang-tiang Bait Suci (1 Raj 10:11).
32.       Pohon SanobarPohon sanobar adalah suatu jenis pohon pinus dan adalah pohon yang sangat tinggi. Daun mereka tetap hijau sepanjang tahun. Kata “sanobar” dalam bahasa Ibrani adalah berosh yang berasal dari kata barah yang berarti ‘memotong’. Kata berit yang berarti perjanjian juga berasal dari barah. Papan-papan dipotong dari pohon ini. (Yes 60:13)

33.       Pohon Cemara       adalah cemara hardy dari Libanon dan Israel utara yang digunakan untuk ornamen hiasan. (Yes 60:13)
34.       Pohon Gaharu      Sejenis kayu yang bentuk dan warnanya sangat khas. Aromanya wangi dandihasilkan dari bagian pohon yang tumbuh secara alami sebagai akibat dari infeksi yang terjadi secara alami maupun disengaja pada suatu jenis pohon (Yes 55:13)
35.       Pohon Berangan
    ( pohon Berangan Yeh 31:8), atau plane tree / pohon pesawat, tumbuh di sepanjang aliran sungai. Yalib menggunakan cabang pohon ini untuk mengembangkan hewan ternaknya (Kej 30:37).
36.       Pohon Gofir
    Kayu ini digunakan oleh Nuh untuk membuat bahtera. (Kej 6:14)
37.       Pohon Aras Libanon
      adalah simbol kekayaan dan kejahatan (Maz 37:35). Dari daunnya bisa didapat minyak parfum.38.       Pohon Gandarusa
      Juga disebut Jerusalem Willow, atau Oleaster, menghasilkan zaitun pahit yang digunakan untuk minyak. (Im 23:40)
39.       Pohon Korma     Kurma merupakan sumber makanan penting terutama makanan manis. Dalam satu pohon bisa menghasilkan buah yang sangat banyak. Daunnya bisa dibuat tikar. Menyukai daerah panas seperti di Laut mati. Selama perjalanan di padang gurun umat Israel di pimpin Musa berkemah di dekat mata air Elim .(Kel 15:27)
40.       Pohon Pinus
      Pinus adalah pohon jenis konifera tinggi dengan jarum panjang dan biji-bearing “kerucut pinus”. Pohon ini digunakan pada bangunan. (Yes 41:19).
41.       Pohon Hawar
Pohon ini cepat tumbuh, menyukai daerah lembab seperti sepanjang daerah sepanjang sungai. (Kej 30:37).
42.       Pohon Penaga     Shittah (shittim), atau acacia disebut beberapa kali di Alkitab. Tabut perjanjian yang berisi 10 Perintah Allah dibuat dari kayu Akasia. (Kel 25:10)
43.       Pohon Tamariska
     Tamariska adalah pohon kecil yang hidup di gurun. Abrahammenanamnya di Beersheba (Genesis 21:33)
44.       Pohon apel     Pohon apel sendiri merupakan pohon yang kecil dan berdaun gugur. Pohon apel mempunyai tinggi anatara 3 sampai 12 meter dan memiliki banyak ranting. Daun dari pohon apel berbentuk lonjong dengan panjang 5 – 12 cm dan lebar 3 – 6 centimeter. (Kid 2:3)
45.       Pohon delimaPohon delima sangat umum ditemukan di kebun-kebun Israel. Pohonnya dapat tumbuh hingga 5-8 m, dan menyukai tanah gembur yang tidak terendam air. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias atau tanaman obat. Dikenal tiga macam delima, yaitu delima putih, delima merah, dan delima ungu. Buah delima merah seringkali menjadi hiasan bagi pondok-pondok dalam perayaan Sukkot. Selain itu, buah delima juga menjadi motif hiasan pada baju imam, yang diselingi dengan giring-giring emas. Pada zaman Alkitab, delima digunakan untuk diminum dan juga sebagai bumbu. Selain itu, buah delima dapat juga digunakan sebagai zat pewarna. Buah delima disukai karena keindahannya, khususnya “mahkotanya”. (Ul 8:8)
46. Pohon PenagaPohon-pohon ini bertumbuh setinggi 4 sampai 8 m, dengan duri-duri besar dan kayu keras yang cocok untuk bahan bangunan. Keduanya mempunyai bunga kuning dan menghasilkan buah polong yang panjang dengan biji-biji di dalamnya. (Yes 41:19)
47. Bawang merah       (Bil 11:5) Manfaat bawang merah sendiri bagi kita yaitu: sebagai bumbu masak, untuk pengobatan (menyembuhkan sembelit, mengontrol diabetes, menyembuhkan wasir, mengobati pendarahan, mengontrol kadar kolesterol, melindungi jantung, membantu mencegah kanker, dll).
48. Bawang Putih      (Bil 11:5) Manfaat bawang putih sendiri bagi kita yaitu: sebagai bumbu masak, untuk pengobatan, sebagai anti biotik, obat jerawat, pestisida, tanaman obat, pengawet alami, dll
49. Bawang Prei      (Bil 11:5) manfaat bawang prei sendiri bagi kita:  membuat tulang kuat, membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan kesehatan jantung,  membantu untuk mencegah kanker, membantu dalam mengurangi peradangan, dll. Kesimpulannya, bawang prei merupakan sumber nutrisi penting dan vitamin yang bertanggung jawab untuk kesehatan fungsi mata, jantung serta kesehatan tubuh secara keseluruhan. Terlepas dari cara Anda mengkonsumsinya, Anda tak perlu ragu lagi tentang manfaat dari bawang prei bagi kesehatan Anda.50. Mentimun     (Bil 11:5) manfaat mentimun sendiri bagi kita: sebagai masker wajah, penghilang jerawat, mengurangi peradangan, dll
51. Semangka    (Bil 11:5) manfaat semangka sendiri bagi kita: mata dan jantung lebih sehat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi lemak pada tubuh, organ ginjal jadi lebih sehat, dll.
52. Gelagah      (1 Raj 14-15) rumput yg tingginya dapat mencapai 2 m, batangnya beruas-ruas, biasa hidup di tepi sungai.
53. Anggur    (Kej 9:20) tumbuhan memanjat (menjalar) yg buahnya kecil-kecil sebesar kelereng dan berangkai; Manfaat anggur sendiri bagi kita minuman dr sari buah anggur yg difermentasi, minuman untuk wanita yg baru melahirkan yg berkhasiat sbg penambah darah; —kering buah anggur yg dikeringkan; kismis; —obat air perahan buah anggur dng ramuan yg diminum sbg obat; dll
 *Lain-lain :


·          Jawan.·          Jelai.·          Sekoi.·          Dudaim.·         Kacang merah besar.·          Kacang merah kecil.·          Labu botol.·          Buah ara hutan. ·          Buah pohon carob.·          Buah pohon kertau.·          Pistachio Nuts·          Kayu hitam.·          Kayu yang harum baunya dari pohon sandarac.·          Pohon berangan.·          Pohon beringin.·          Pohon salam.·          Pohon saru.·          Bunga bakung.·          Bunga mawar. ·          Cockles.·          Ipuh.·          Jerami.·          Jeruju.·          Kapas.·          Lalang.·          Palem. ·          Pandan.·          Papirus.·          Rami. ·          Rumput.·          Rumput muda·          Soapwort.·         Semak-semak

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *