Bless the Lord oh My soul

Bless the Lord oh My soul

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan

Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan

Sukacita adalah ciri Utama orang Kristen. bersukacita sebagai ungkapan hati atas kasih karunia Tuhan More »

Spread the word

Spread the word

Sebarkan Berita Keselamatan More »

Janagn risau menghadapi tantangan hidup

Janagn risau menghadapi tantangan hidup

Selalu ada berkat dibalik masalah yang kita hadapi. More »

Bingung memilih Asuransi Jiwa?

Bingung memilih Asuransi Jiwa?

PT Generali Indonesia adalah perusahaan internasional yang berpengalaman sejak tahun 1831. More »

 

B

 Kamus  Kekristenan,perbandingan agama , istilah rohani Huruf Awal B

Compilled by author

Pengenalan akan jargon/phrase istilah Yunani, Ibrani dan Latin maupun Inggris bukan berarti menganggap kata asing memiliki kelebihan mistis, atau bahwa dengan belajar jargon asing kerohanian akan membawa suatu kelebihan ketimbang orang yang tidak mempelajarinya. Tetapi belajar jargon asing di sini adalah untuk lebih memahami makna sebenarnya dari kata-kata dalam Alkitab, terutama kata Ibrani dan Yunani.
 namejesus
balak   arti: kosong, vacant/vacuum, boros.Raja negeri Moab sebelah tenggara Laut Mati. Dialah yang membuat umat Israel menyembah berhala (Bil 22:1-24:25; Wahy 2:14). Nama Balak disebut 42 kali dalam Alkitab. Ayahnya bernama Zippor (Bilangan 22:2)

Arti nama : KOSONG, VAKUM, BOROS
Ayah : Zippor – Bilangan 22:2
Disebut pertama : Bilangan 22:2
:
Kitab yang menyebut : 4 buku : Bilangan, Yosua, Hakom-Hakim, Mikha
Pekerjaan : Raja Moab – Bilangan 22:4
Terakhir disebut : Mikha 6:5
Fakta penting : IA MENGUPAH BILYAM/BALHUM UNTUK MENGUTUKI BANGSA ISRAEL (BILANGAN 22:5)

baruch  (Ibrani), berkat

bileam ( ibrani)

Pulpit Commentary: “Balaam the son of Beer. <u*l=B! (Bileam: our common form is from the Septuagint and New Testament, Balaa/m) is derived either from ul^B*, to destroy or devour, and <u*, the people; or simply from ul^B*, with the terminal syllable <A*, ‘the destroyer.’ The former derivation receives some support from Rev 2:14,15, where ‘Nicolaitans’ are thought by many to be only a Greek form of ‘Balaamites’ (Niko/lao$, from nika/w and lao/$). Beor (rWuB=) has a similar signification, from ru*B*, to burn, or consume. Both names have probable reference to the supposed effect of their maledictions, for successful cursing was an hereditary profession in many lands, as it still is in some” [= Bileam anak Beor. <u*l=B! (Bileam: bentuk umum yang digunakan dalam bahasa Inggris adalah dari Septuaginta dan Perjanjian Baru, Balaa/m) diturunkan atau dari ul^B*,menghancurkan atau menelan, dan <u*, bangsa; atau sekedar dari ul^B*, dengan suku kata akhir <A*, ‘sang penghancur’. Penurunan yang pertama mendapatkan dukungan dari Wah 2:14,15, dimana ‘Nikolaus’ dianggap oleh banyak orang hanya sebagai bentuk Yunani dari ‘pengikut Bileam’ (Niko/lao$, dari nika/w dan lao/$). Beor (rWuB=) mempunyai arti yang mirip, dari ru*B*, membakar, atau menghanguskan. Kedua nama mempunyai kemungkinan hubungan dengan akibat / hasil dari pengutukan mereka, karena pengutukan yang sukses merupakan pekerjaan turun-temurun, seperti yang masih ada sekarang di beberapa tempat].

 

Abraham (ibrani)= bapa banyak bangsa, bapa banyak bangsa yang percaya pada Allah/Yahwe

bileam 

 

 bidat Bidat dalam Perjanjian Baru Mulai dari kehidupan jemaat yang mula-mula, sudah banyak orang-orang yang mengajarkan aajaran yang telah diselewengkan dari kebenaran dan direkayasakan untuk keperluan/kepentingan kelompok penyesat tersebut. antara lain:
* Kelompok Yahudi fanatik, yang menekankan pada penerapan hukum Taurat secara mutlak. Kelompok ini mengharuskan orang-orang Kristen bukan Yahudi untuk menjalani ritual fisik seperti sunat dan melakukan tradisi Taurat yang telah dijalankan mulai jaman Musa (Kisah Para Rasul 15:1-31)
* Pengikut aliran Gnostik. Paham ini tidak mengakui bahwa Yesus adalah anak Allah, bahwa zat adalah jahat sedangkan roh adalah baik. Nama ini diambil dari kata Gerika gnosis (pengetahuan) dan mengklaim bahwa mereka mengetahui rahasia khusus tentang rancangan kehidupan umat manusia.Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus menyinggung tentang ajaran ini, dimana tiga orang pengikutnya telah sesat mengikuti aliran ini, yaitu Himenius, Alexander dan Filetus (1 Tim 1:20; 2 Tim 2:17-18)
* Pengikut ajaran Nikolaus. Nikolaus tadinya seorang penganut Yahudi (Kis 6:5) dan sesudah memiliki beberapa pengikut akhirnya mencampurkan ajaran Kristen dengan ajaran bidat yang meyakini bahwa karena tubuh manusia adalah ujud fisik adalah jahat, maka hal-hal yang dikerjakan roh-lah yang bermanfaat dalam ibadah. Oleh karena itu mereka melakukan kebebasan hubungan seksual, atau menyantap makanan berhala, kesenangan duniawi (hedonisme dan narcisism).
“Seorang bidat yang sudah satu dua kali kau nasehati, hendaklah kau jauhi.” (Titus 3 : 10)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *