Bless the Lord oh My soul

Bless the Lord oh My soul

You can completely customize the featured slides from the theme theme options page. You can also easily hide the slider from certain part of your site like: categories, tags, archives etc. More »

Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan

Bersukacitalah senantiasa di dalam Tuhan

Sukacita adalah ciri Utama orang Kristen. bersukacita sebagai ungkapan hati atas kasih karunia Tuhan More »

Spread the word

Spread the word

Sebarkan Berita Keselamatan More »

Janagn risau menghadapi tantangan hidup

Janagn risau menghadapi tantangan hidup

Selalu ada berkat dibalik masalah yang kita hadapi. More »

Bingung memilih Asuransi Jiwa?

Bingung memilih Asuransi Jiwa?

PT Generali Indonesia adalah perusahaan internasional yang berpengalaman sejak tahun 1831. More »

 

Ja-Jk

Kata

Pengenalan akan jargon/phrase istilah Yunani, Ibrani dan Latin bukan berarti menganggap kata asing memiliki kelebihan mistis. Tetapi belajar jargon asing di sini adalah untuk lebih memahami makna sebenarnya dari kata-kata dalam Alkitab, terutama kata Ibrani dan Yunani.

Jejamang dalam Alkitab hanya disebut tiga kali di Perjanjian Lama, yaitu 2 Samuel 1:10 ; 2 Raja-raja 11:12 ; 2 Tawarikh 23:11. Jejamang atau jamang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya adalah perhiasan kepala, terbuat dari emas atau perak. Kata “jejamang” diterjemahkan dari kata Ibrani nezer. Kata nezer bisa diartikan pentahbisan, juga bisa berarti mahkota. Alkitab King James Version menterjemahkan kata ini dengan kata crownyang artinya “mahkota”. Mahkota merupakan simbol atau lambang kekuasaan. Raja mengenakan jejamang di kepalanya untuk menunjukkan posisnya. Pengertian ini sama dengan kata Yunani diadema yang artinya mahkota raja.

Jentera (Amsal 31:19) gelong, penggulung benang berbenduk roda untuk memintal benang

Jelai (Inggris=barley latin= hordeum vulgare adalah semacam gandum, untuk pakan ternak. Jelai dapat dibuat roti dan bir. Dalam Ulangan 8:8 dikatakanbahwa jelai salah satu dari “tujuh macam” yang menggambarkan kesuburan tanah perjanjian. Tepung adalah biji-bijian yang ditumbuk. Gandum dalam bahasa Inggris adalah “wheat”, latin= triticum durum. Bulir gandum dapat langsung dimakan seperti murid Yesus dalam Matius 12:1

Bertih gandum adalah biji gandum yang dikeringkan (disangrai atau dipanggang). Bertih gandum ini dapat langsung dimakan (1 Samuel 17:17, 25;18)

Joli (Kidung Agung 3:7) tandu, tempat raja atau permaisuri ditandu orang Galah rangsang (Kisah 26:14) di dalam Alkitab terjemahan lama, galah rangsang adalah kosa, yaitu kayu yang runcing. Sukar menendang ke galah rangsang artinya susah dan mengakibatkan kesakitan yang luar biasa.

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *